ZIS (Zakat, Infaq, dan Sedekah)

Untuk mengoptimalkan dana yang dihimpun, LAZ OPSEZI memiliki program pendayagunaan yang dimasukkan kedalam 6 rumpun program yaitu program pendidikan, kesehatan, pemberdayaan, dakwah, sosial, kemanusiaan dan kerelawanan.

  • Program Pendidikan
  • Program Kesehatan
  • Program Pemberdayaan
  • Program Dakwah
  • Program Sosial
  • Program Kemanusiaan dan Kerelawanan

Program Pendidikan

Beasiswa Yatim dan Dhuafa Opsezi : Adalah program beasiswa pendidikan serta pelatihan soft skill dan pembinaan karakter untuk anak-anak usia Pendidikan Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. Bertujuan memotivasi dan mengedukasi anak-anak untuk terus melanjutkan studi dan menggapai cita-cita mulianya. Segmentasi program ini adalah anak-anak yatim dan dhuafa.

Opsezi goes to school : Merupakan program pemberian bantuan dalam pemenuhan kelengkapan sarana pendidikan dan kegiatan pendukung pendidikan lainnya.

Opsezi Peduli Guru : Program yang didedikasikan untuk membantu dan mengapresiasi para guru di Provinsi Jambi. Program ini dapat berupa pemberian kafalah guru, hadiah, ataupun pelatihan-pelatihan yang dapat menunjang kinerja guru, dikhususkan kepada para guru honorer didaerah-daerah.

Rumah Baca Opsezi : Program pemberian bantuan buku-buku bacaan berkualitas dan penyediaan sarana tempat perpustakaan umum agar meningkatkan minat baca anak-anak usia sekolah.

Kelas Berdikari Opsezi : Program khusus ke sekolah-sekolah terpencil, dengan mendatangkan tokoh inspiratif sebagai pemateri dan motivator untuk meningkatkan semangat belajar anak-anak dhuafa untuk menggapai cita-citanya.

Program Kesehatan

Pro-Health (Layanan Kesehatan Gratis dan Bantuan Dana Kesehatan) : Adalah program kesehatan berupa pemberian bantuan biaya pengobatan, layanan kesehatan masyarakat (medical check-up), edukasi kesehatan, serta pembiayaan asuransi kesehatan untuk dhuafa, guru dan dai.

Optimalisasi Armada Layanan Ambulance Opsezi 24 : Merupakan program pengadaan armada Ambulance kesehatan yang akan difungsikan untuk membantu penerima manfaat selama 24 jam dalam sehari.

Pembangunan Klinik Dhuafa : Program pembangunan klinik Kesehatan Opsezi di Desa Binaan. Klinik kesehatan ini akan menjadi pendukung layanan kesehatan masyarakat dhuafa termasuk di dalamnya terdapat penyuluhan pola hidup bersih dan sehat.

Khitan Gratis dan Khitan Massal : Program Kesehatan berupa bantuan khitan secara gratis bagi anak-anak dhuafa dan mualaf.

Program Pemberdayaan

Program Usaha Mikro Madani (UMM) : Adalah program dengan pemberian stimulus dan bantuan modal usaha mikro perorangan yang bertujuan untuk membantu pengembangan usaha penerima manfaat agar mampu terus berlanjut dan menjadi sumber penghasilan utama penerima manfaat sehingga mampu meningkat kualitas kehidupannya dan terpenuhi kebutuhan hidupnya.

Program Kelompok Usaha Madani (KUM) : Adalah program dengan pemberian stimulus dan bantuan modal usaha mikro kelompok yang bertujuan untuk membantu pengembangan usaha penerima manfaat agar mampu terus berlanjut dan menjadi sumber penghasilan utama penerima manfaat sehingga mampu meningkat kualitas kehidupan masing-masing individu dan terpenuhi kebutuhan hidupnya.

Pelatihan Wirausaha Berbasis Digital : Program pemberdayaan masyarakat untuk membangun wirausaha berbasis digital melalui program workshop dan pengembangan produk terampil masyarakat. Dimulai dari penciptaan produk, pengemasan, pemasaran, hingga pengembangan produk.

Program Dakwah

Dakwah  Pengenalan Islam : Merupakan program pengiriman da’i untuk memberikan pembinaan kepada masyarakat di daerah terpencil untuk mengenalkan Islam kepada masyarakat tersebut. Menguatkan kefahaman masyarakat tentang keislaman menjadi tujuan dari program ini. Masyarakat yang baru mengenal Islam diberikan pembinaan sehingga semakin kokoh Iman dan istiqamah dalam berislam.

Dakwah Kota dan Perkantoran : Program ini menyasar wilayah perkotaan dan perkantoran dengan menempatkan para da’i, baik di masjid-masjid di perkotaan, masjid-masjid perkantoran, sebagai bentuk layanan dakwah LAZ Opsezi. Layanan dakwah berupa penyediaan da’i untuk khatib, imam shalat rawatib, kajian rutin, kegiatan pengajaran Al-Qur’an, serta pelatihan-pelatihan atau seminar-seminar, seperti pelatihan pengurusan jenazah, seminar pendidikan keluarga, dan lain sebagianya.

Pengajaran Al-quran : Merupakan program dakwah yang segmentasinya adalah para da’i Al-Qur’an, serta masyarakat secara umum. Program dakwah pengajaran Al-Qur’an bertujuan untuk mencetak generasi rabbani, generasi pecinta Al-Qur’an, penghafal Al-Qur’an, serta membantu kesejahteraan para da’i dan guru Al-Qur’an. Selain itu, program ini juga bertujuan membantu segala bentuk kebutuhan baik sarana maupun pra sarana.

Desa Binaan : Program Desa Binaan memiliki tujuan untuk membangun masyarakat desa yang mandiri dan berdaya secara ekonomi. Program yang akan dibina oleh dai inspirator ini diprioritaskan pada desa yang secara ekonomi masyarakatnya terkategori pra sejahtera. Selain bertujuan untuk membangun kemandirian masyarakat, program ini juga bertujuan untuk membangun mental spiritual masyarakat.

Dakwah Lembaga Pemasyarakatan : Program ini menyasar di Lembaga Pemasyarakatan, berupa kajian keislaman rutin untuk warga binaan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pemahaman mendalam mengenai keislaman sehingga semakin kokoh Iman dan istiqamah dalam berislam.

Program Sosial

Layanan Bantuan Sosial : Merupakan program yang bertujuan untuk membantu meringankan beban penerima manfaat berkaitan dengan kebutuhan hidup yang mendesak. Program layanan bantuan sosial ini diprioritaskan untuk membantu penerima manfaat yang terkategori pra-sejahtera.

Pondok Bahagia Anak Yatim : Pemberian bantuan rutin kepada yatim dhuafa, baik berupa santunan, bantuan pendidikan, dan pembinaan karakter yatim, serta diselingi dengan wisata anak yatim.

Sembako Dhuafa : Pemberian bantuan pangan untuk masyarakat dhuafa yang membutuhkan.

Berbagi Makan Gratis (Sedekah Jum’at) : Program berbagi makanan setiap hari Jum’at yang merupakan hari spesial bagi umat muslim.

Sapa Masjid : Program bantuan berupa perlengkapan ibadah dan bantuan pembangunan rumah ibadah di daerah terpencil dan pelosok.

Pengadaan Ambulance : Merupakan program pengadaan armada ambulance untuk mendukung program layanan ambulance Opsezi. Program yang menjadi penting untuk bisa terealisasi guna memaksimalkan peran layanan Opsezi kepada masyarakat lebih luas dan lebih banyak lagi.

Program Kemanusiaan dan Kerelawanan

Opsezi Tanggap Bencana : Adalah program tanggap bencana opsezi di wilayah bencana berupa bantuan bencana lokal maupun nasional, pembangunan fasilitas umum dan fasilitas sosial di wilayah terdampak bencana, recovery daerah terdampak bencana, serta pembangunan hunian untuk para korban terdampak bencana.

Cinta Dunia Islam : Adalah program bantuan kemanusiaan untuk daerah- daerah krisis kemanusiaan seperti di Palestina, Suriah, Somalia, dan Rohingya.

Opsezi Volunteer Organization (OVO): Adalah program penyiapan dan penugasan relawan sosial dan kemanusiaan Opsezi untuk membantu penyaluran bantuan sosial dan korban terdampak bencana dan krisis kemanusiaan lainnya.